Membuka pembelajaran merupakan salah
satu keterampilan
mengajaryang harus dikuasai guru profesioanl. Keterampilan ini dapat
dilatih melaluimicroteaching.
Membuka pembelajaran merupakan langkah krusial. Membuka pembelajaran merupakan
awal penentu keberhasilan proses pembelajaran secara keseluruhan. Oleh karena
itu guru profesional harus mengetahui cara membuka pembelajaran yang baik.
Pentingnya Cara
Membuka Pembelajaran yang Baik
Membuka pembelajaran merupakan
bagian vital dari proses pembelajaran, namun sering kurang dimanfaatkan guru
dalam mengajar. Banyak guru yang begitu bersemangat untuk mendapatkan
siswa aktif dalam pembelajaran, namun mereka banyak yang gagal memperkenalkan
pelajaran kepada siswa, karena tidak terampil dalam membuka pembelajaran.[1]
Hasil penelitian sebagaimana dilaporkan Perrot menunjukkan membuka pelajaran
dapat menentukan keberhasilan proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru.[2]
The lesson beginning is a key
period. Membuka pembelajaran merupakan kunci keberhasilan pembelajaran. Baik
buruknya suasana pembelajaran sangat ditentukan oleh aktivitas guru dalam
membuka pembelajaran. Oleh karena itu guru harus membuka pembelajaran dengan
baik, sebab tidak ada yang paling sulit, kecuali bangkit dari awal pembelajaran
yang tidak baik.[3] Dengan demikian membuka pelajaran merupakan aspek
yang krusial.[4]
Seorang filsuf terkemuka, Plato
mengatakan “The beginning is the most important part of the work”.
Stewart dan Cash menegaskan beberapa detik atau menit dari pembukaan
sangat penting. Apa yang Anda lakukan dan katakana, mempengaruhi
bagaimana pihak lain memandang diri sendiri, Anda, dan situasi. Oleh karena itu
cara membuka pembelajaran merupakan proses yang sangat penting.[5]
Uraian di atas menegaskan kepada
kita bahwa kesan pertama guru dalam membuka pembelajaran akan menentukan proses
pembelajaran secara keseluruhan. Dengan demikian guru harus berlatih cara
membuka pembelajaran yang baik, agar pembelajaran dapat mencapai tujuan secara
efektif.
Referensi
[1] Bailey, R . (2001). Teaching Physical
Education. London: Routledge, h. 29
[2] Cohen, L., et.al. (2002). A Guide to
Teaching Practice. USA: Simultaneously Published, h. 193
[3] Wright, T., (2009). How to be a Brilliant
Teacher: From teaching to learning. USA: Simultaneously Published, h. 44
[4] Hansen., J., Moore, KD., (2012). Effective
Strategies for Teaching in K-8 Classrooms. California: SAGE Publications Inc.,
h.142
[5] Hargie, O., et al. (2011). Skilled Interpersonal Communication: Research,
Theory and Practice. New York USA: Simultaneously Published,
h. 298
0 komentar:
Posting Komentar