Pages

Jumat, 22 November 2013

Cara Membuka Pembelajaran


Membuka pembelajaran merupakan salah satu keterampilan mengajaryang harus dikuasai guru profesioanl. Keterampilan ini dapat dilatih melaluimicroteaching. Membuka pembelajaran merupakan langkah krusial. Membuka pembelajaran merupakan awal penentu keberhasilan proses pembelajaran secara keseluruhan. Oleh karena itu guru profesional harus mengetahui cara membuka pembelajaran yang baik.

Pentingnya Cara Membuka Pembelajaran yang Baik
Membuka pembelajaran merupakan bagian vital dari proses pembelajaran, namun sering kurang dimanfaatkan guru dalam mengajar. Banyak guru yang  begitu bersemangat untuk mendapatkan siswa aktif dalam pembelajaran, namun mereka banyak yang gagal memperkenalkan pelajaran kepada siswa, karena tidak terampil dalam membuka pembelajaran.[1] Hasil penelitian sebagaimana dilaporkan Perrot menunjukkan membuka pelajaran dapat menentukan keberhasilan proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru.[2]
The lesson beginning is a key period. Membuka pembelajaran merupakan kunci keberhasilan pembelajaran. Baik buruknya suasana pembelajaran sangat ditentukan oleh aktivitas guru dalam membuka pembelajaran. Oleh karena itu guru harus membuka pembelajaran dengan baik, sebab tidak ada yang paling sulit, kecuali bangkit dari awal pembelajaran yang tidak baik.[3]  Dengan demikian membuka pelajaran merupakan aspek yang krusial.[4]
Seorang filsuf terkemuka, Plato mengatakan  “The beginning is the most important part of the work”. Stewart dan Cash  menegaskan beberapa detik atau menit dari pembukaan sangat penting.  Apa yang Anda lakukan dan katakana, mempengaruhi bagaimana pihak lain memandang diri sendiri, Anda, dan situasi. Oleh karena itu cara membuka pembelajaran merupakan proses yang sangat penting.[5]
Uraian di atas menegaskan kepada kita bahwa kesan pertama guru dalam membuka pembelajaran akan menentukan proses pembelajaran secara keseluruhan. Dengan demikian guru harus berlatih cara membuka pembelajaran yang baik, agar pembelajaran dapat mencapai tujuan secara efektif.


Referensi
[1] Bailey, R . (2001). Teaching Physical Education. London: Routledge, h. 29
[2] Cohen, L., et.al. (2002). A Guide to Teaching Practice.  USA:  Simultaneously Published, h. 193
[3] Wright, T., (2009). How to be a Brilliant Teacher: From teaching to learning. USA: Simultaneously Published, h. 44
[4] Hansen., J.,  Moore, KD., (2012). Effective Strategies for Teaching in K-8 Classrooms. California: SAGE Publications Inc., h.142


0 komentar:

Posting Komentar