EXAMPLES NON EXAMPLES
Langkah-langkah :
1.
Guru mempersiapkan gambar-gambar sesuai dengan tujuan
pembelajaran
2.
Guru menempelkan gambar di papan atau ditayangkan melalui
OHP
3.
Guru memberi petunjuk dan memberi kesempatan pada siswa
untuk memperhatikan/menganalisa gambar
4.
Melalui diskusi kelompok 2-3 orang siswa, hasil diskusi dari
analisa gambar tersebut dicatat pada kertas
5.
Tiap kelompok diberi kesempatan membacakan hasil diskusinya
6.
Mulai dari komentar/hasil diskusi siswa, guru mulai
menjelaskan materi sesuai tujuan yang ingin dicapai
PICTURE AND PICTURE
Langkah-langkah :
1.
Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
2.
Menyajikan materi sebagai pengantar
3.
Guru menunjukkan/memperlihatkan gambar-gambar kegiatan
berkaitan dengan materi
4.
Guru menunjuk/memanggil siswa secara bergantian
memasang/mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan yang logis
5.
Guru menanyakan alasan/dasar pemikiran urutan gambar
tersebut
6.
Dari alasan/urutan gambar tersebut guru memulai menamkan
konsep/materi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai
7.
Kesimpulan/rangkuman
NUMBERED HEADS
TOGETHER
Langkah-langkah :
1.
Siswa dibagi dalam kelompok, setiap siswa dalam setiap
kelompok mendapat nomor
2.
Guru memberikan tugas dan masing-masing kelompok
mengerjakannya
3.
Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan
tiap anggota kelompok dapat mengerjakannya/mengetahui jawabannya
4.
Guru memanggil salah satu nomor siswa dengan nomor yang
dipanggil melaporkan hasil kerjasama mereka
5.
Tanggapan dari teman yang lain, kemudian guru menunjuk nomor
yang lain
6.
Kesimpulan
COOPERATIVE SCRIPT
Skrip kooperatif : metode belajar dimana siswa
bekerja berpasangan dan bergantian secara lisan mengikhtisarkan, bagian-bagian
dari materi yang dipelajari
Langkah-langkah :
1.
Guru membagi siswa untuk berpasangan
2.
Guru membagikan wacana/materi tiap siswa untuk dibaca dan
membuat ringkasan
3.
Guru dan siswa menetapkan siapa yang pertama berperan
sebagai pembicara dan siapa yang berperan sebagai pendengar
4.
Pembicara membacakan ringkasannya selengkap mungkin, dengan
memasukkan ide-ide pokok dalam ringkasannya.
5.
Sementara pendengar :
6.
Menyimak/mengoreksi/menunjukkan ide-ide pokok yang kurang
lengkap
7.
Membantu mengingat/menghafal ide-ide pokok dengan
menghubungkan materi sebelumnya atau dengan materi lainnya
8.
Bertukar peran, semula sebagai pembicara ditukar menjadi
pendengar dan sebaliknya. Serta lakukan seperti diatas.
9.
Kesimpulan Siswa bersama-sama dengan Guru
10.
Penutup
KEPALA BERNOMOR
STRUKTUR
Langkah-langkah :
1.
Siswa dibagi dalam kelompok, setiap siswa dalam setiap
kelompok mendapat nomor
2.
Penugasan diberikan kepada setiap siswa berdasarkan nomorkan
terhadap tugas yang berangkai
Misalnya
: siswa nomor satu bertugas mencatat soal. Siswa nomor dua mengerjakan soal
dan siswa nomor tiga melaporkan hasi pekerjaan dan seterusnya
3.
Jika perlu, guru bisa menyuruh kerja sama antar kelompok.
Siswa disuruh keluar dari kelompoknya dan bergabung bersama beberapa siswa
bernomor sama dari kelompok lain. Dalam kesempatan ini siswa dengan tugas yang
sama bisa saling membantu atau mencocokkan hasil kerja sama mereka
4.
Laporkan hasil dan tanggapan dari kelompok yang lain
5.
Kesimpulan
PROBLEM BASED
INTRODUCTION (PBI)
(Pembelajaran
Berdasarkan Masalah)
Langkah-langkah :
1.
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran. Menjelaskan logistik
yang dibutuhkan. Memotivasi siswa terlibat dalam aktivitas pemecahan masalah
yang dipilih.
2.
Guru membantu siswa mendefinisikan dan mengorganisasikan
tugas belajar yang berhubungan dengan masalah tersebut (menetapkan topik,
tugas, jadwal, dll.)
3.
Guru mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yang
sesuai, eksperimen untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah,
pengumpulan data, hipotesis, pemecahan masalah.
4.
Guru membantu siswa dalam merencanakan menyiapkan karya yang
sesuai seperti laporan dan membantu mereka berbagi tugas dengan temannya
5.
Guru membantu siswa untuk melakukan refleksi atau evaluasi
terhadap penyelidikan mereka dan proses-proses yang mereka gunakan
ARTIKULASI
Langkah-langkah :
1.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
2.
Guru menyajikan materi sebagaimana biasa
3.
Untuk mengetahui daya serap siswa, bentuklah kelompok
berpasangan dua orang
4.
Suruhlan seorang dari pasangan itu menceritakan materi yang
baru diterima dari guru dan pasangannya mendengar sambil membuat
catatan-catatan kecil, kemudian berganti peran. Begitu juga kelompok lainnya
5.
Suruh siswa secara bergiliran/diacak menyampaikan hasil
wawancaranya dengan teman pasangannya. Sampai sebagian siswa sudah menyampaikan
hasil wawancaranya
6.
Guru mengulangi/menjelaskan kembali materi yang sekiranya
belum dipahami siswa
7.
Kesimpulan/penutup
MIND MAPPING
Sangat baik digunakan
untuk pengetahuan awal siswa atau untuk menemukan alternatif jawaban
Langkah-langkah :
1.
Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
2.
Guru mengemukakan konsep/permasalahan yang akan ditanggapi
oleh siswa/sebaiknya permasalahan yang mempunyai alternatif jawaban
3.
Membentuk kelompok yang anggotanya 2-3 orang
4.
Tiap kelompok menginventarisasi/mencatat alternatif jawaban
hasil diskusi
5.
Tiap kelompok (atau diacak kelompok tertentu) membaca hasil
diskusinya dan guru mencatat di papan dan mengelompokkan sesuai kebutuhan guru
6.
Dari data-data di papan siswa diminta membuat kesimpulan
atau guru memberi bandingan sesuai konsep yang disediakan guru
MAKE - A MATCH
(Mencari Pasangan)
Langkah-langkah :
1.
Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi beberapa konsep
atau topik yang cocok untuk sesi review, sebaliknya satu bagian kartu soal dan
bagian lainnya kartu jawaban
2.
Setiap siswa mendapat satu buah kartu
3.
Tiap siswa memikirkan jawaban/soal dari kartu yang dipegang
4.
Setiap siswa mencari pasangan yang mempunyai kartu yang
cocok dengan kartunya (soal jawaban)
5.
Setiap siswa yang dapat mencocokkan kartunya sebelum batas
waktu diberi poin
6.
Setelah satu babak kartu dikocok lagi agar tiap siswa
mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya
7.
Demikian seterusnya
8.
Kesimpulan/penutup
THINK PAIR AND SHARE
Langkah-langkah :
1.
Guru menyampaikan inti materi dan kompetensi yang ingin
dicapai
2.
Siswa diminta untuk berfikir tentang materi/permasalahan
yang disampaikan guru
3.
Siswa diminta berpasangan dengan teman sebelahnya (kelompok
2 orang) dan mengutarakan hasil pemikiran masing-masing
4.
Guru memimpin pleno kecil diskusi, tiap kelompok
mengemukakan hasil diskusinya
5.
Berawal dari kegiatan tersebutmengarahkan pembicaraan pada
pokok permasalahan dan menambah materi yang belum diuangkapkan para siswa
6.
Guru memberi kesimpulan
7.
Penutup
DEBATE
Langkah-langkah :
1.
Guru membagi 2 kelompok peserta debat yang satu pro dan yg
lainnya kontra
2.
Guru memberikan tugas untuk membaca materiyang akan didebatkan
oleh kedua kelompok diatas
3.
Setelah selesai membaca materi. Guru menunjuk salah satu
anggotanya kelompok pro untuk berbicara saat itu ditanggapi atau dibalas oleh
kelompok kontra demikian seterusnya sampai sebagian besar siswa bisa
mengemukakan pendapatnya.
4.
Sementara siswa menyampaikan gagasannya guru menulis guru
menulis inti/ide-ide dari setiap pembicaraan di papan tulis. Sampai sejumlah
ide yang diharapkan guru terpenuhi
5.
Guru menambahkan konsep/ide yang belum terungkap
6.
Dari data-data di papan tersebut, guru mengajak siswa
membuat kesimpulan/rangkuman yang mengacu pada topik yang ingin dicapai
ROLE PLAYING
Langkah-langkah :
1.
Guru menyusun/menyiapkan skenario yang akan ditampilkan
2.
Menunjuk beberapa siswa untuk mempelajari skenario dua hari
sebelum kbm
3.
Guru membentuk kelompok siswa yang anggotanya 5 orang
4.
Memberikan penjelasan tentang kompetensi yang ingin dicapai
5.
Memanggil para siswa yang sudah ditunjuk untuk melakonkan
skenario yang sudah dipersiapkan
6.
Masing-masing siswa duduk di kelompoknya, masing-masing
sambil memperhatikan mengamati skenario yang sedang diperagakan
7.
Setelah selesai dipentaskan, masing-masing siswa diberikan
kertas sebagai lembar kerja untuk membahas
8.
Masing-masing kelompok menyampaikan hasil kesimpulannya
9.
Guru memberikan kesimpulan secara umum
10.
Evaluasi
11.
Penutup
GROUP INVESTIGATION
Langkah-langkah :
1.
Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok heterogen
2.
Guru menjelaskan maksud pembelajaran dan tugas kelompok
3.
Guru memanggil ketua-ketua untuk satu materi tugas sehingga
satu kelompok mendapat tugas satu materi/tugas yang berbeda dari kelompok lain
4.
Masing-masing kelompok membahas materi yang sudah ada secara
kooperatif berisi penemuan
5.
Setelah selesai diskusi, lewat juru bicara, ketua
menyampaikan hasil pembahasan kelompok
6.
Guru memberikan penjelasan singkat sekaligus memberi
kesimpulan
7.
Evaluasi
8.
Penutup
TALKING STICK
Langkah-langkah :
1.
Guru menyiapkan sebuah tongkat
2.
Guru menyampaikan materi pokok yang akan dipelajari,
kemudian memberikan kesempatan kepada siswa untuk untuk membaca dan mempelajari
materi pada pegangannya/paketnya
3.
Setelah selesai membaca buku dan mempelajarinya
mempersilahkan siswa untuk menutup bukunya
4.
Guru mengambil tongkat dan memberikan kepada siswa, setelah
itu guru memberikan pertanyaan dan siswa yang memegang tongkat tersebut harus
menjawabnya, demikian seterusnya sampai sebagian besar siswa mendapat bagian
untuk menjawab setiap pertanyaan dari guru
5.
Guru memberikan kesimpulan
6.
Evaluasi
7.
Penutup
BERTUKAR PASANGAN
Langkah-langkah :
1.
Setiap siswa mendapat satu pasangan (guru biasa menunjukkan
pasangannya atau siswa menunjukkan pasangannya
2.
Guru memberikan tugas dan siswa mengerjakan tugas dengan
pasangannya
3.
Setelah selesai setiap pasangan bergabungdengan satu
pasangan yang lain
4.
Kedua pasangan tersebut bertukar pasangan masing-masing pasangan
yang baru ini saling menanyakan dan mengukuhkan jawaban mereka
5.
Temuan baru yang didapat dari pertukaran pasangan kemudian
dibagikan kepada pasangan semula
SNOWBALL THROWING
Langkah-langkah :
1.
Guru menyampaikan materi yang akan disajikan
2.
Guru membentuk kelompok-kelompok dan memanggil masing-masing
ketua kelompok untuk memberikan penjelasan tentang materi
3.
Masing-masing ketua kelompok kembali ke kelompoknya
masing-masing, kemudian menjelaskan materi yang disampaikan oleh guru kepada
temannya
4.
Kemudian masing-masing siswa diberikan satu lembar kertas
kerja, untuk menuliskan satu pertanyaan apa saja yang menyangkut materi yang
sudah dijelaskan oleh ketua kelompok
5.
Kemudian kertas tersebut dibuat seperti bola dan dilempar
dari satu siswa ke siswa yang lain selama ± 15 menit
6.
Setelah siswa dapat satu bola/satu pertanyaan diberikan
kesempatan kepada siswa untuk menjawab pertanyaan yang tertulis dalam kertas
berbentuk bola tersebut secara bergantian
7.
Evaluasi
8.
Penutup
STUDENT FACILITATOR
AND EXPLAINING
Siswa/peserta
mempresentasikan ide/pendapat pada rekan peserta lainnya
Langkah-langkah :
1.
Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
2.
Guru mendemonstrasikan/menyajikan materi
3.
Memberikan kesempatan siswa/peserta untuk menjelaskan kepada
peserta untuk menjelaskan kepada peserta lainnya baik melalui bagan/peta konsep
maupun yang lainnya
4.
Guru menyimpulkan ide/pendapat dari siswa
5.
Guru menerangkan semua materi yang disajikan saat itu
6.
Penutup
COURSE REVIEW HORAY
Langkah-langkah :
1.
Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
2.
Guru mendemonstrasikan/menyajikan materi
3.
Memberikan kesempatan siswa tanya jawab
4.
Untuk menguji pemahaman, siswa disuruh membuat kotak 9/16/25
sesuai dengan kebutuhan dan tiap kotak diisi angka sesuai dengan seler
masing-masing siswa
5.
Guru membaca soal secara acak dan siswa menulis jawaban di
dalam kotak yang nomornya disebutkan guru dan langsung didiskusikan, kalau
benar diisi tanda benar (Ö) dan salan diisi tanda silang (x)
6.
Siswa yang sudah mendapat tanda Ö vertikal atau horisontal, atau
diagonal harus berteriak horay … atau yel-yel lainnya
7.
Nilai siswa dihitung dari jawaban benar jumlah horay yang
diperoleh
8.
Penutup
DEMONSTRATION
(Khusus materi yang memerlukan peragaan atau percobaan misalnya Gussen)
(Khusus materi yang memerlukan peragaan atau percobaan misalnya Gussen)
Langkah-langkah :
1.
Guru menyampaikan TPK
2.
Guru menyajikan gambaran sekilas materi yang akan dismpaikan
3.
Siapkan bahan atau alat yang diperlukan
4.
Menunjukan salah seorang siswa untuk mendemontrasikan sesuai
skenario yang telah disiapkan
5.
Seluruh siswa memperhatikan demontrasi dan menganalisa
6.
Tiap siswa atau kelompok mengemukakan hasil analisanya dan
juga pengalaman siswa didemontrasikan
7.
Guru membuat kesimpulan
EXPLICIT INSTRUCTION
(Pengajaran Langsung)
Pembelajaran langsung
khusus dirancang untuk mengembangkan belajar siswa tentang pengetahuan
proseduran dan pengetahuan deklaratif yang dapat diajarkan dengan pola
selangkah demi selangklah
Langkah-langkah :
1.
Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa
2.
Mendemonstrasikan pengetahuan dan ketrampilan
3.
Membimbing pelatihan
4.
Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik
5.
Memberikan kesempatan untuk latihan lanjutan
COOPERATIVE
INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC)
Langkah-langkah :
1.
Membentuk kelompok yang anggotanya 4 orang yang secara
heterogen
2.
Guru memberikan wacana/kliping sesuai dengan topik
pembelajaran
3.
Siswa bekerja sama saling membacakan dan menemukan ide pokok
dan memberi tanggapan terhadap wacana/kliping dan ditulis pada lembar kertas
4.
Mempresentasikan/membacakan hasil kelompok
5.
Guru membuat kesimpulan bersama
6.
Penutup
INSIDE-OUTSIDE-CIRCLE (LINGKARAN
KECIL-LINGKARAN BESAR)
“Siswa saling membagi
informasi pada saat yang bersamaan, dengan pasangan yang berbeda dengan singkat
dan teratur”
Langkah-langkah :
1.
Separuh kelas berdiri membentuk lingkaran kecil dan
menghadap keluar
2.
Separuh kelas lainnya membentuk lingkaran di luar lingkaran
pertama, menghadap ke dalam
3.
Dua siswa yang berpasangan dari lingkaran kecil dan besar
berbagi informasi. Pertukaran informasi ini bisa dilakukan oleh semua pasangan
dalam waktu yang bersamaan
4.
Kemudian siswa berada di lingkaran kecil diam di tempat,
sementara siswa yang berada di lingkaran besar bergeser satu atau dua langkah
searah jarum jam.
5.
Sekarang giliran siswa berada di lingkaran besar yang
membagi informasi. Demikian seterusnya
TEBAK KATA
MEDIA :
* Buat kartu ukuran 10X10 cm dan isilah ciri-ciri atau kata-kata lainnya yang mengarah pada jawaban (istilah) pada kartu yang ingin ditebak.
* Buat kartu ukuran 5X2 cm untuk menulis kata-kata atau istilah yang mau ditebak (kartu ini nanti dilipat dan ditempel pada dahi ataudiselipkan ditelinga.
MEDIA :
* Buat kartu ukuran 10X10 cm dan isilah ciri-ciri atau kata-kata lainnya yang mengarah pada jawaban (istilah) pada kartu yang ingin ditebak.
* Buat kartu ukuran 5X2 cm untuk menulis kata-kata atau istilah yang mau ditebak (kartu ini nanti dilipat dan ditempel pada dahi ataudiselipkan ditelinga.
Langkah-langkah :
1.
Jelaskan TPK atau materi ± 45 menit
2.
Suruhlah siswa berdiri didepan kelas dan berpasangan
3.
Seorang siswa diberi kartu yang berukuran 10x10 cm yang
nanti dibacakan pada pasangannya. Seorang siswa yang lainnya diberi kartu yang
berukuran 5x2 cm yang isinya tidak boleh dibaca (dilipat) kemudian ditempelkan
di dahi atau diselipkan ditelinga.
4.
Sementara siswa membawa kartu 10x10 cm membacakan kata-kata
yang tertulis didalamnya sementara pasangannya menebak apa yang dimaksud dalam
kartu 10x10 cm. jawaban tepat bila sesuai dengan isi kartu yang ditempelkan di
dahi atau telinga.
5.
Apabila jawabannya tepat (sesuai yang tertulis di kartu)
maka pasangan itu boleh duduk. Bila belum tepat pada waktu yang telah
ditetapkan boleh mengarahkan dengan kata-kata lain asal jangan langsung memberi
jawabannya.
6.
Dan seterusnya
CONTOH KARTU
• Perusahaan ini tanggung-jawabnya tidak
terbatas
• Dimiliki oleh 1 orang
• Struktur organisasinya tidak resmi
• Bila untung dimiliki,diambil sendiri
NAH … SIAPA … AKU ?
JAWABNYA
: PERUSAHAAN PERSEORANGAN
CONCEPT SENTENCE
Langkah-langkah :
1.
Guru menyampaikan kompentensi yang ingin dicapai
2.
Guru menyajikan materi secukupnya
3.
Guru membentuk kelompok yang anggotanya ± 4 orang secara
heterogen
4.
Menyajikan beberapa kata kunci sesuai materi yang disajikan
5.
Tiap kelompok disuruh membuat beberapa kalimat dengan
menggunakan minimal 4 kata kunci setiap kalimat
6.
Hasil diskusi kelompok. Didiskusikan lagi secara pleno yang
dipandu Guru
7.
Kesimpulan
COMPLETE SENTENCE
Media : Siapkan blangko isian berupa paragraf
yang kalimatnya belum lengkap
Langkah-langkah :
1.
Guru menyampaikan yang ingin dicapai
2.
Menyampaikan materi secukupnya atau peserta disuruh
membacakan buku atau model dengan waktu secukupnya
3.
Bentuk kelompok 2 atau 3 orang secara heterogen
4.
Bagikan lembar kerja berupa paragraf yang kalimatnya belum
lengkap (lihat contoh)
5.
Peserta diharap berdiskusi untuk melengkapi kalimat dengan
kunci jawaban yang tersedia
6.
Bicarakan bersama-sama anggota kelompok
7.
Setelah jawaban benar yang salah diperbaiki. Tiap peserta
disuruh membaca berulang-ulang sampai mengerti atau hapal
8.
Kesimpulan
TIME TOKEN
Struktur yang dapat
digunakan untuk mengajarkan keterampilan sosial, untuk menghindari siswa
mendominasi pembicaraan atau siswa diam sama sekali
Langkah-langkah :
1.
Kondisikan kelas untuk melaksanakan diskusi (cooperative
learning / CL)
2.
Tiap siswa diberi kupon berbicara dengan waktu ± 30 detik.
Tiap siswa diberi sejumlah nilai sesuai waktu keadaan
3.
Bila telah selesai bicara kopon yang dipegang siswa
diserahkan. Setiap bebicara satu kupon
4.
Siswa yang telah habis kuponnya tak boleh bicara lagi. Yang
masih pegang kupon harus bicara sampai kuponnya habis
5.
Dan seterusnya
PAIR CHEKS
• APA YANG DILAKUKAN?
• BEKERJA BERPASANGAN
Bentuk tim dalam pasangan-pasangan dua
siswa dalam pasangan itu mengerjakan soal
yang
pas sebab semua itu akan membantu melatih
• PELATIH MENGECEK
Apabila patner benar pelatih memberi
kupon
• BERTUKAR PERAN
Seluruh patner bertukar peran dan
mengurangi langkah 1 – 3
• PASANGAN MENGECEK
Seluruh pasangan tim kembali bersama
dan membandingkan jawaban
• PENEGASAN GURU
Guru mengarahkan jawaban /ide sesuai
konsep
KELILING KELOMPOK
Maksudnya agar masing-masing anggota
kelompok mendapat kesempatan untuk memberikan kontribusi mereka dan
mendengarkan pandangan dan pemikiran anggota lainnya
Caranya………….?
1. Salah satu siswa dalam masing-masing kelompok menilai dengan
memberikan pandangan dan pemikirannya mengenai tugas yang sedang mereka
kerjakan
2. Siswa berikutnya juga ikut memberikan kontribusinya
3. Demikian seterusnya giliran bicara bisa dilaksanakan arah
perputaran jarum jam atau dari kiri ke kanan
0 komentar:
Posting Komentar